RINGKASAN PEDOMAN MENGHADAPI KEMATIAN

🌙💐☀️ RINGKASAN PEDOMAN MENGHADAPI KEMATIAN

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

🌷 KETIKA KEMATIAN TERJADI

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

1⃣. Salah satu tanda Husnul Khotimah (akhir kehidupan yang baik) adalah Seorang Muslim Meninggal dalam Keadaan Dahinya Berkeringat.

2⃣. Tanda Husnul Khotimah yang lain adalah Seseorang mengucapkan Laa Ilaaha Illallaah di Akhir Hayatnya.

3⃣. Jika Mata Mayit Terbuka, dipejamkan dengan Lemah Lembut.

4⃣. Tidak boleh Mengucapkan Doa/Ucapan yang Buruk pada saat ada orang yang meninggal, karena para Malaikat akan Mengaminkan Doa orang-orang tersebut. Hendaknya Memohonkan Ampunan untuk Orang yang Baru Meninggal tersebut.

5⃣. Keluarga yang ditinggalkan Hendaknya Bersabar dengan Ketetapan Allah.

👍 Kesabaran yang di Nilai adalah Pada saat Pertama kali Musibah terjadi. Hendaknya Mengucapkan: Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’un. Allahuma’jurnii fii mushiibatii wa akhlif lii khoyron minha.

6⃣. Boleh Mencium Kening/ Wajah Orang yang baru Meninggal Dunia.

7⃣. Tidak boleh Meratapi Kematian dengan Perilaku dan Ucapan yang Menunjukkan Ketidakrelaan atas Taqdir Allah atau Memuji-muji Kebaikan si Mayit dengan Teriakan-teriakan.

8⃣. Boleh Menangis sebagai Bentuk Kesedihan, sebagaimana Nabi juga Menangis ketika Anaknya Meninggal Dunia.

9⃣. Boleh Mengumumkan Kematian jika Mengandung Maslahat yang Besar, seperti Pemberitahuan kepada Kerabat, agar lebih banyak yang Mensholatkan dan Menguburkan.

🔟. Mengumumkan Kematian dilarang jika dilakukan seperti Cara-cara Jahiliyyah, yaitu Mengirim Utusan untuk Menyampaikan Berita tersebut Keliling Pasar, ke Rumah-rumah, tanpa ada Maslahat yang diharapkan, dan Sekedar Berbangga atas Kebesaran Orang yang Meninggal.

1⃣1⃣. Mayit ditutup seluruh Jasadnya dengan Kain Sebelum dimandikan.

~~~~~~~~~~~~~~~~

📘 Dikutip dari Buku ” Tata Cara Mengurus Jenazah Sesuai Sunnah Nabi Shollallaahu Alaihi Wasallam ( Syarah Kitab Al Janaiz min Bulughil Maram) ”

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomah
🔵🔵💐🌷🌹🌷🌹🌷💐🔵🔵

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Title Goes Here

Contoh tulisan dalam website

[INFO TERBARU_Rekaman"Bahaya Terorisme Terhadap Ummat,Bangsa Dan Negara_Jadwal Kajian Rutin dan Rekaman Bangkalan_&_REKAMAN Rangkaian Dauroh Madura 3 Kabupaten 14-16 Rabiul Awwal 1437]………Bismillah………Alhamdulillahirobbil’alamin,semata-mata atas karunia ALLOH akhirnya telah terbit website alilmu-madura.net………In Syaa Alloh kami akan hadir dan menyebarkan ilmu agama bagi kaum muslimin sekalian baik berupa artikel-artikel dan audio yang bisa anda download………Semoga bermanfaat……… Jazaakumulloh khoiron atas kunjungannya ke website kami………Barakallohu fiikum