SILSILAH DURUSUL FIQHIYYAH 1

🔷🔴SILSILAH DURUSUL FIQHIYYAH🔴🔷

💦KITAB THOHARAH💦

⛅️SUCINYA AIR LAUT DAN HALALNYA HEWAN LAUT 🌊🌦

1 – عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فِي الْبَحْرِ: «هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ». أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةُ, وَابْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَاللَّفْظُ لَهُ, وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ وَالتِّرْمِذِيُّ، وَرَوَاهُ مَالِكٌ وَالشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ.

🔊Artinya : Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu beliau berkata berkata Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa sallam, “(Laut) adalah suci airnya dan halal bangkainya” (HR Imam yang 4,( yaitu Imam abu daud, At Tirmidzi, An Nasa’i, dan Ibnu Majah) dan ibnu abi syaibah dan dishohihkan oleh Imam ibnu Khuzaimah dan At tirmidzi, dan juga diriwayatkan oleh Imam Malik dan Imam Asy Syafi’i dan Imam Ahmad.

💎Faedah Hadits :

1⃣Sucinya Air laut dan kemampuan air laut untuk menghilangkan hadats besar dan kecil
2⃣Bangkai hewan laut (yang memang kehidupannya dilaut) adalah Halal
3⃣Hewan darat yang mati dilaut tidak termasuk dalam kehalalan ini

📊Khilaf Ulama : Tentang hewan laut mana yang Halal untuk dimakan dalam semua keadaan

🔶Imam Abu Hanifah berpendapat : Diperbolehkannya seluruh jenis ikan, adapun yang selainnya adalah haram, seperti anjing laut dll

🔴Imam Ahmad dari pendapatnya yang masyhur, berpendapat akan halalnya seluruh hewan laut kecuali katak dan ular karena kejelekan dan kejahatannya, dan buaya karena mempunyai taring.

🔵Imam Malik dan Syafi’ie berpendapat akan halalnya seluruh hewan laut tanpa terkecuali

✅Insya Allah pendapat yang terakhir ini adalah yang paling kuat (Rajih)

Allahu a’lam bisshowab

(diringkas dari kitab Taudhihul Ahkam jilid 1 hal 116- 117)

📝Ditulis Oleh : Ustadz Abu Khuzaimah Al Fadanji

🕙🕚Padang 21 shofar 1437 H , desember 2015

🌐📡https://telegram.me/silsilatussholihin

🔸🔹قناة سلسلة الصالحين🔹🔸

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Title Goes Here

Contoh tulisan dalam website

[INFO TERBARU_Rekaman"Bahaya Terorisme Terhadap Ummat,Bangsa Dan Negara_Jadwal Kajian Rutin dan Rekaman Bangkalan_&_REKAMAN Rangkaian Dauroh Madura 3 Kabupaten 14-16 Rabiul Awwal 1437]………Bismillah………Alhamdulillahirobbil’alamin,semata-mata atas karunia ALLOH akhirnya telah terbit website alilmu-madura.net………In Syaa Alloh kami akan hadir dan menyebarkan ilmu agama bagi kaum muslimin sekalian baik berupa artikel-artikel dan audio yang bisa anda download………Semoga bermanfaat……… Jazaakumulloh khoiron atas kunjungannya ke website kami………Barakallohu fiikum