Cermati Dua Perbedaan

CERMATI DUA PERBEDAAN

Imam Ahmad رحمه الل mengatakan :

Barang siapa yang menghadiri sebuah Jenazah kemudian dia melihat sebuah kemungkaran yang tidak mampu dia hilangkan, maka jangan dia meninggalkan Jenazah tersebut.

Dan barang siapa yang diundang ke sebuah walimah pernikanahan dan dia melihat sebuah kemungkaran yang tidak mampu dia hilangkan, maka hendaknya dia meninggalkan walimah tersebut.

Ibnul Qoyyim bertanya kepada Ibnu Taimiyah tentang perbedaan kedua perkara tersebut.

Maka ibnu Taimiyah menyebutkan perbedaan yang sangat tipis:

Dikarenakan menghadiri Jenazah merupakan hak sang Mayit yang tidak boleh digugurkan sebab perbuatan mungkar yang dilakukan oleh orang yang hidup.

Adapun mendatangi walimah merupakan hak sang pemilik rumah, maka kalau dia melakukan kemungkaran sungguh dia telah menggugurkan haknya untuk dipenuhi undangan walimahnya.

Sumber: Kitab I’lamul Muwaqqiin. 4/267

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

******************************

نص الإمام أحمد على أن الرجل إذا شهد الجنازة، فرأى فيها منكرا لا يقدر على إزالته أنه لا يرجع، ونص على أنه إذا دُعي إلى وليمة عُرس، فرأى فيها منكرا لا يقدر على إزالته أنه يرجع !

وقد سأل ابن القيم شيخه ابن تيمية عن الفرق بينهما، فاستنتج فرقا لطيفا فقال:
لأن الحق في الجنازة للميت؛ فلا يترك حقه لما فعله الحي من المنكر، والحق في الوليمة لصاحب البيت، فإذا أتى فيها بالمنكر فقد أسقط حقه من الإجابة !

إعلام الموقعين ٤ / ٢٦٧

Sumber Artikel :http://forumsalafy.net/cermati-dua-perbedaan/

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



Title Goes Here

Contoh tulisan dalam website

[INFO TERBARU_Rekaman"Bahaya Terorisme Terhadap Ummat,Bangsa Dan Negara_Jadwal Kajian Rutin dan Rekaman Bangkalan_&_REKAMAN Rangkaian Dauroh Madura 3 Kabupaten 14-16 Rabiul Awwal 1437]………Bismillah………Alhamdulillahirobbil’alamin,semata-mata atas karunia ALLOH akhirnya telah terbit website alilmu-madura.net………In Syaa Alloh kami akan hadir dan menyebarkan ilmu agama bagi kaum muslimin sekalian baik berupa artikel-artikel dan audio yang bisa anda download………Semoga bermanfaat……… Jazaakumulloh khoiron atas kunjungannya ke website kami………Barakallohu fiikum